Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Madiun Madrasah Mandiri Berprestasi
Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Madiun Didirikan pada tanggal 5 Januari 1977. Pada tanggal tersebut, Madrasah Tsanawiyah GUPPI Kecamatan Kare diresmikan secara resmi oleh Bapak Camat Kare. Pembukaan madrasah ini disertai dengan kehadiran 97 siswa baru yang dengan antusias memulai perjalanan pendidikan mereka. Struktur organisasi madrasah saat itu terdiri dari pengurus dan dewan guru yang berperan sebagai tutornya, yang dipimpin oleh Bapak Oesoep Soejoto.
Dengan berkat rahmat Allah SWT dan didorong oleh keinginan luhur, serta diiringi dengan berbagai usaha dan upaya, Madrasah Tsanawiyah GUPPI Kecamatan Kare berhasil meraih dukungan dan ridho-Nya. Seiring berjalannya waktu, pada tanggal 25 November 1995, Madrasah ini yang awalnya memiliki status filial atau kelas jarak jauh dari MTs Negeri Doho Dolopo Kabupaten Madiun resmi menjadi MTs Negeri Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.
Proses penegerian ini mencapai puncaknya ketika Bapak Drs. M. Asyik, selaku Kepala Departemen Agama Kabupaten Madiun, secara resmi mendeklarasikan penegerian Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Kare pada tanggal 20 Juni 1996. Sejak saat itu, madrasah ini memiliki kepala madrasah definitif, yaitu Bapak Drs. Subandi.
Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Madiun terus tumbuh dan berkembang, menjadi lembaga pendidikan yang mendedikasikan diri untuk memberikan pendidikan berkualitas dan membentuk karakter yang kokoh bagi siswa-siswinya. Sejarah perjalanan madrasah ini mencerminkan tekad dan kerja keras komunitas pendidikan dalam memberikan kontribusi positif terhadap pendidikan di wilayah tersebut.
Visi dan Misi
Visi Sekolah
” IPTEK BERPRESTASI BERKEPRIBADIAN ISLAMI DAN PEDULI LINGKUNGAN ”
Misi Sekolah
Menumbuh kembangkan kepribadian islami, dengan meningkatkan Imtaq. Melaksanakan bimbingan pembelajaran secara intensif dan kondusif dalam meningkatkan kompetensi Iptek. Menciptakan wahana kreatifitas dalam bidang sains Menumbuhkan cara-cara berpikir logis dan ilmiah Mengembangkan sikap mental yamg positif. Menciptakan hubungan yang harmonis antara seluruh komponen madrasah dan lingkungannya. Menciptakan sistem managemen terbuka, dan partisipatif yang melibatkan seluruh warga madrasah dan komite.